Sunday 20 September 2009

Agama Adalah Nasehat

"Dari Abu Ruqayyah Tamim ad-Dari, bahwa Nabi bersabda: "Agama adalah Nasihat." Kami bertanya:"Untuk siapa?" Beliau besabda: " Untuk (hamba dalam rangka beriman kepada:) Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya (dalam rangka menasehati) pemimpin kaum muslimin dan kaum muslimin secara umum. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Beberapa pelajaran yang bisa diambil dari hadis tersebut :

# Pentingnya suatu nasehat dalam hal-hal yang disebutkan dalam hadis. Hal ini ditunjukkan oleh Nabi yang menjadikannya sebagai (penopang) agama.

# Indahnya metode pendidikan yang diajarkan Rasulullah, dimana beliau menyebutkan sesuatu secara global kemudian menjelaskannya secara rinci, yaitu sabdanya: "Agama itu Nasehat" [kemudian beliau menjelaskannya rinciannya].

# Semangat para sahabat untuk mendapatkan ilmu (dengan bertanya "Untuk siapa?")

# Memulai dari yang terpenting kemudian yang penting, karena dalam hadis ini Nabi memulai nasihat kepada (hamba dalam rangka beriman kepada) Allah, kemudian Kitab-Nya, Rasul-Nya, pemimpin kaum muslimin dan kepada kaum muslimin secara umum.

# Setiap Kondisi Memiliki Cara Tersendiri
Dan ketahuilah bahwa cara bicara kepada salah seorang kaum muslimin tidak sama dengan tidak sama dengan cara bicara kepada para pemimpin, begitu pula ketika berhadapan dengan pemberontak jangan disamakan dengan orang bodoh. Setiap kondisi memilki cara tersendiri, nasihatilah kaum muslimin secara umum dengan semampumu.

No comments:

Post a Comment