Tuesday 8 September 2009

Bismillah

# Bismillah dibaca ketika memulai membaca Al-Quran dari awal surat, kecuali memulai di tengah-tengah surat, cukup dengan ta'awudz

# Di dalam surat at-Taubah tidak ada kata "Bismillah", ada beberapa pandangan tentang hal ini:
- bahwa turunnya surat at-Taubah itu dengan peperangan bukan dengan keamanan, sedangkan "Basmallah" turun dengan keamanan sehingga surat at-Taubah tidak didahului dengan basmallah.
- Adabnya orang Quraisy ketika akan membatalkan perjanjian tidak menulis dengan awalan basmallah.

Tapi.... semua pendapat-pendapat tersebut tidak ada asalnya dan yang pasti kenapa dalam surat at-Taubah tidak diawali dengan basmallah adalah karena "itulah kehendak Allah, demikianlah Allah turunkan surat at-Taubah tanpa didahului dengan basmallah dan hanya Allah yang maha tau kenapa, yang harus kita lakukan adalah beriman dengan apa yang Allah turunkan tersebut"

# Kaidah:
Apa yang menjadi pendekat/alat taqarrub kita kepada Allah tidak menjadi alat pendekat/alat taqarrub dalam semua tempat.


Contoh: "Bismillah" adalah alat taqarrub/pendekat kepada Allah, "Bismillah" ini tidak menjadi alat pendekat pada Allah ketika mau shalat, karena tidak diajarkan Rasulullah. Yang diajarkan Rasulullah tentang shalat adalah dimulai dengan takbir, bukan basmallah. Jadi apapun ibadah yang kita lakukan, semuanya harus sesuai dengan apa yang diajarkan/dicontohkan Rasulullah shallallah 'alayhi wasallam.

No comments:

Post a Comment