Wednesday 30 September 2009

Sahabat

# Sahabat adalah mereka yang hidup di zaman Rasulullah, bertemu dengan beliau walaupun sebentar dan meninggal dalam keadaan muslim. Meninggal dalam keadaan muslim, artinya walaupun dia hidup di zaman Rasulullah, hidup bersama Rasulullah tapi dia tidak muslim (seperti Abu Jahal, Abu Lahab dll) maka mereka semua tidak dikatakan sebagai sahabat.

# Imam Abu 'Amr al-'Auza'i berkata "Pegang teguhlah atsar para ulama salaf (ulama terdahulu) meskipun engkau ditolak oleh manusia dan berhati-hatilah engkau dari pendapat orang meskipun mereka menghiasinya dengan ucapan yang indah.

# Barangsiapa yang membicarakan agama secara sembunyi-sembunyi (tidak secara umum agar semua orang tau), maka ketahuilah di sana ada kesesatan. Jadi kalau kita beragama atau menuntut ilmu itu ditujukan agar semua muslim tau, tidak hanya kelompoknya sendiri saja.

# Berkata Umar bin Abdul Aziz "berhentilah di mana Rasulullah dan para sahabat berhenti, karena dengan ilmu mereka berhenti, dan dengan pandangan yang tajam mereka menahan diri. Sungguh merekalah orang yang paling bisa membuka tabirnya dan merekalah orang yang paling berhak mendapatkan keutamaan. Jika kalian berkata, 'Hal ini terjadi setelah mereka.' Maka tidaklah ada yang membuat sesuatu yang baru setelah mereka kecuali orang yang menyelisihi petunjuk mereka dan benci terhadap sunnah mereka. Para Sahabat telah berbicara sesuatu yang mencukupi, maka orang yang berbuat lebih dari mereka adalah orang yang memberatkan dirinya, sedangkan orang yang berbuat kurang dari mereka adalah orang yang ceroboh. sebagian orang yang ceroboh dari mereka kemudian menjadi orang yang kurang ajar dan jauh dari kebenaran. Sebagian lagi ada yang berbuat lebih dari mereka, maka jadilah ia orang yang melampaui batas. Sedangkan orang yang berada pada posisi pertengahan akan berada pada jalan petunjuk yang lurus.

No comments:

Post a Comment