Thursday 10 September 2009

Akhlak yang Baik

# Jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun walau hanya sekedar senyum

# Ikutilah perbuatan jelek dengan perbuatan baik dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.
Akhlak yang baik ini contohnya wajah yang berseri-seri, menahan diri dari perkara-perkara ketidakbaikan (contoh: dengan bersabar, menahan rasa marah dan lain sebagainya).

# Ketika Rasulullah ditanya seseorang tentang apa yang harus ia lakukan, Rasulullah menjawab "La Taghdhab" (jangan mudah marah) jadi tidak mudah marah merupakan bagian dari akhlak yang baik dan orang yang beriman adalah orang yang paling baik akhlaknya.

# Mencaci maki seorang muslim adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekufuran.

# Janganlah kalian mencaci maki orang yang menyembah kepada selain Allah sehingga mereka akan mencaci maki Allah tanpa ilmu. So, dengan akhlak yang baik, dengan melihat mudharat yang sangat besar (Allah akan dicaci bila kita mencaci dia, maka lebih baik hal itu tidak dilakukan). Sehingga dari situ keluar hukum yang lain bahwa apabila suatu perbuatan, mudharatnya (bahayanya) lebih besar dari manfaatnya, maka lebih baik perbuatan tersebut jangan dilakukan, dan sebaliknya apabila suatu perbuatan, manfaatnya itu akan lebih besar dari mudharatnya, maka kita lakukan perbuatan itu (misalnya bersabar).

# hukum merubah kemungkaran:
1. WAJIB ---> Jika kita merubah suatu kemungkaran dan hasilnya akan menghilangkan atau mengurangi kemungkaran tersebut, maka kita wajib untuk merubah kemungkaran itu.
2. HARAM ---> Jika kita merubah suatu kemungkaran dan hasilnya malah menambah kemungkaran, maka hukumnya haram merubah kemungkaran itu.

# Orang yang meninggalkan shalat karena yakin bahwa shalat itu tidak wajib, maka hukumnya kafir. Dalilnya "perbedaan seorang muslim dan kafir adalah meninggalkan shalat"

# "Tidak ada amalan yang kalau ditinggalkan maka ia kafir, kecuali shalat. Ada beberapa pendapat ulama tentang hal ini:
- Kalau meninggalkan shalatnya itu alasannya karena malas, maka dia tidak kafir tapi dosa besar
- kalau meninggalkan shalatnya itu alasannya karena shalat tidak wajib, maka dia kafir.

No comments:

Post a Comment