Friday 23 October 2009

Kedzaliman

# dzalim adalah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya, asal sesuatu dalam islam adalah suatu keadilan.

# Sesungguhnya Allah telah melaknat orang-orang yang berbuat dzalim. Orang yang berbuat dzalim dijauhkan dari rahmat Allah dan diancam dengan hukuman yang pedih. "kami telah menyiapkan api neraka yang meliputi dia, bila dia minta air, maka akan datang air yang membakar wajahnya...".

# Janganlah orang yang berbuat dzalim menyangka bahwa Allah lalai terhadap kedzaliman yang dia lakukan. Bisa jadi Allah memperlambat hukuman bagi orang yang dzalim sehingga dia semakin terjerumus pada kedzaliman, Allah sengaja membuat dia seperti itu sampai Allah menghukum dia dan mengadzab dia dengan hukuman yang berat dan bertumpuk-tumpuk. Na'udzubillah mindzalik.

# Doanya orang yang didzalimi tidak akan ditolah oleh Allah.Langsung dikabulkan oleh Allah karena tidak ada penghalang. Rasulullah bersabda takutlah kalian kepada doanya orang yang didzalimi karena bila dia berdoa, tidak ada penghalang antara dia dan Allah. Maka berhati-hatilah orang yang berbuat dzalim!. Takutlah kepada Allah!.

# Hendaklah orang yang berakal, menghisab dirinya sebelum dihisab, hitunglah amal-amal kalian sebelum tidak ada lagi amalan. Di dunia ini ada amalan tapi tidak ada hisab dan di akhirat nanti ada hisab tapi tidak ada amal.

# Hendaklah kita meminta maaf kepada orang yang didzalimi walaupun kita harus mengeluarkan harta demi meminta keridoan dari orang yang kita dzalimi.

# Kedzaliman adalah kegelapan yang bertumpuk-tumpuk.

# 3 hal yang dimiliki oleh seorang muslim haram untuk dilakukan muslim yang lainnya yaitu:
- Darah seorang muslim, hukumnya haram untuk ditumpahkan (haram membunuh muslim lainnya)
- Harta seorang muslim, hukumnya haram untuk dirampas (tidak boleh merampas atau mencuri hak sesama muslim)
- harga diri seorang muslim, hukumnya haram untuk disakiti (tidak boleh menyakiti hati muslim lainnya)

# Jadi bila kita memaki seorang muslim, mencela, mempermalukan dia di depan umum, menuduh atau menyakiti hati muslim yang lain, maka berarti kita sudah berbuat dzalim (mendzalimi harga diri dia).

# jadi batasan berbuat kedzoliman adalah apabila kita melakukan pelanggaran terhadap 3 perkara di atas kepada saudara kita muslim yang lain yaitu pada darah, harta, dan harga diri.

Segala kebenaran datang dari Allah, dan kesalahan ada pada saya sendiri dan dari syaithan. Allah a'lam.

No comments:

Post a Comment