Saturday 24 October 2009

Tafsir Surat Al-Hadid

# Pentingnya mempelajari tafsir karena Allah mewajibkan kita untuk merenungkan al-Qur'an (dan mengamalkannya), tidak akan bisa kita merenungkan Al-Quran sebelum maknanya benar, dan tidak akan bisa kita memaknai dengan benar sebelum tafsirnya itu benar. Sehingga sangat penting untuk memahami tafsir al-Quran.

# Kalimat Nakara dalam suatu susunan/penafsiran yang datang setelah penafi'an, syarat, dan larangan, maka itu berarti umum.

contoh kalimat "Laailaaha" (tidak ada tuhan --> tuhan bersifat umum, tuhan mana saja baik itu berupa patung, harta, api, matahari dan sesembahan manusia lainnya), "Illallah" (kecuali Allah --> jadi Allah itu menafikan semua tuhan yang ada, menegaskan bahwa semua tuhan itu tidak ada, kecuali HANYA ALLAH SAJA)

# Yang menjadi patokan tafsir adalah umumnya lafadz, bukan khususnya sebab, contoh di Al-Mujadalah.

# Seluruh peristiwa dan berbagai kasus yang terjadi, dan akan terjadi, dan terus terjadi dimasukkan dalam perlakuan umum, contohnya Zaman (hukumnya tidak boleh dibatasi)
contoh lain:
- Hukuman mencuri itu potong tangan (hukuman ini tidak bisa dibatasi hanya berlaku pada zaman Rasulullah saja)
- Hukuman Zina, Khamr
- Berjilbab (Ada yang mengatakan bahwa Jilbab hanya untuk orang Arab saja, atau merupakan tradisi orang Arab, ini salah besar!, berarti dia telah membatasi tempat dan tidak melihat surat di al-Quran tentang kewajiban berjilbab bagi seluruh muslim.
- Yahudi dan Nasrani (ada yang mengatakan bahwa kaum Yahudi dan Nasrani berbeda antara dahulu dengan sekarang, juga beda antara Yahudi Arab dan Yahudi Indonesia, padahal tidak ada pembatasan zaman dan tempat).
- Rukyah (Pengobatan dengan rukyah ini berlaku dari dulu hingga sekarang untuk mengobatati kesurupan, penyakit, dll dan pengobatan ini akan terus ada, tidak dibatasi oleh zaman)

# Al-Quran itu bukan sebagai obat, tapi sebagai Syifa (sembuh.
Beda Syifa (kesembuhan) dan Dawaun (Obat).
- Syifa = Kesembuhan (berarti suatu kepastian untuk sembuh)
- Dawaaun = Obat (kalau obat, ada kemungkinan sembuh ada kemungkinan tidak, jadi bisa sembuh bisa tidak)

# Tauhid Billah (Tentang sifat Allah dan semua yang terkait dengan tauhid dan aqidah, tidak dibatasi oleh daerah atau masa)

# An-Nahl:36 --> seluruh ajaran islam itu tauhid.
Beda Aqidah dan Tauhid:
- Tauhid itu penjelasan tentang hak-hak Allah saja (ada 3 jenis tauhid)
- Aqidah itu lebih umum dari tauhid

Segala kebenaran datang dari Allah, dan kesalahan ada pada saya sendiri dan dari syaithan. Allah a'lam.

2 comments: